Kontroversi Natal dan Kelucuannya

 

Screen Shot 2015-12-25 at 2.13.50 PM

Dibanding tahun lalu, kontroversi tentang Natal tahun ini sedikit lebih santai. Paling tidak itulah yang kurasakan di social media twitter. Aku memang kurang tahu bagaimana kemeriahan di facebook, karena jarang sekali bersosialisasi di sana. Secara prosentasi aku tidak tahu berapa banyak penurunannya.

Tapi mungkin saja aku merasa kontroversi itu berkurang karena aku tidak follow akun yang intoleran dan aku pun semakin tidak peduli atau cuek bila ada yang berkata – seperti mengejek – tentang Natal. Misalnya;

  1. Haram mengucapkan Natal karena dengan mengucapkannya kamu akan bla, bla, bla…
  2. Tanggal 25 itu bukan tanggal lahir Yesus, itu tanggal lahir dewa matahari.
  3. Beberapa org suka mengatakan jangan memaksa muslim mengikuti ibadah natal.
  4. Haram memakai topi santa, dll.

Ada beberapa hal yang membuat aku merasa kontroversi natal tahun ini lebih santai, karena orang Kristen sekarang menanggapi kontroversi itu dengan humor, misalnya ketika ada spanduk “Haram mengucapkan selamat natal” teman-teman Kristen mengomentarinya dengan “Terima kasih ucapannya, Mr. Haram!” seperti ini: *hahahahaha*

Screen Shot 2015-12-25 at 2.09.46 PM

Ketika tangal 25 Desember banyak dipertanyakan sebagai tanggal lahir Yesus yang sebenarnya, maka teman-teman dari muslim sendiri yang menjawabnya dengan:

Screen Shot 2015-12-25 at 2.05.27 PM

Tentang hal ini mungkin aku akan tambahkan pada artikel terpisah

Dari kelompok Hafidz Ary, di timeline twitternya banyak sekali cuitan senada dengan ini:

Screen Shot 2015-12-25 at 2.08.12 PM

Luar biasa. Tentang masalah ini, teman-teman muslim sendiri yang menjawabnya dengan tulisan di blog medinaonline. Tentu ini terasa lebih pas, karena seberapa baikpun orang Kristen menjawab ini pasti kurang dipercaya oleh kelompok yang mempertanyakan. Silakan dibaca tulisan tersebut. =>  http://www.madinaonline.id/s5-review/kebohongan-soal-pengharaman-selamat-natal-dan-pemaksaan-ibadat-natal/

Tentang jangan memakai topi santa, juga banyak dijawab cerdas oleh teman-teman muslim, misalnya “Beli di mana sik topi santa? Gw mau pakai buat foto avatar.” dll.  Yang seperti ini malah dijadikan guyonan oleh teman-teman.

Suasana Natal tahun ini juga lebih teduh karena para pemimpin Pusat hingga Daerah tidak sungkan mengucapkan selamat Natal bagi warganya yang merayakan. Presiden, wakil Presiden, Para Menteri dan lain-lain.  Salah satu pernyataan yang epic banget menurutku adalah jawaban Ridwal Kamil terhadap followernya di Facebook (sepertinya), tapi di-capture dan banyak beredar di twitter.

Screen Shot 2015-12-25 at 2.11.11 PM

 

Dan dengan jahilnya akun lain menambahkan foto Erdogan (PM Turki) dengan seorang perempuan yang sepertinya adalah biduan. 🙂

Screen Shot 2015-12-25 at 2.14.20 PM

Pada akhirnya aku mau mengucapkan banyak terima kasih kepada saudara-saudaraku muslim sebangsa dan setanah air yang dengan berdiri teguh memperjuangkan toleransi walaupun kalian pasti mendapat banyak kecaman dari saudara-saudara seiman kalian sendiri. Semoga Allah memberkati kalian atas niat baik untuk melihat bangsa yang kita cintai bersama ini tetap bersatu dalam kebinekaan.

Dan penutup, aku mau mengucapkan selamat hari Natal buat saudara dan teman Kristen di mana saja. Semoga damai Natal melingkupi hati kita dan Tuhan selalu melimpahkan berkatnya atas kita semua. Amin.

 

Jakarta, December 25, 15

Mery DT

Advertisements

About Mery DT

So much things swaying in my mind, but sometimes I just can’t expel it. I am a super random person. I write novel, short story and screenplay for movie. Thanks have read my pieces.
Gallery | This entry was posted in Agama, Negeriku & Politik, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Kontroversi Natal dan Kelucuannya

  1. Johhan says:

    Merry xmas kakak Mery. Gbu

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s