Pencarian Orang Tua Biologis

Yulianti Minggu lalu dan minggu ini (2 episode) Tiga_60 di Metrotv menayangkan pencarian orang tua biologis sorang perempuan yang kini berusia 31 thn. Perempuan ini bernama Aurelia yang seumur hidupnya di asuh dengan cinta kasih oleh sepasang orang tua yang mengadopsinya sejak berumur 5 bulan. Mereka tinggal di Prancis, dan dia kini sudah menamatkan pendidikan S1 dan bekerja di media di UK.

Orang tuanya tidak pernah menyembunyikan informasi bahwa dia adalah anak adopsi dari orang tua yang berasal dari Semarang Indonesia.

Beberapa tahun terakhir, karena beberapa kali berinteraksi dengan orang Indonesia, dia akhirnya berniat mencari orang tua biologisnya di Indonesia. Perjalanan panjang pun di mulai. Aurelia yang dalam akte adopsi bernama Yulianti kembali menginjak tanah Semarang setelah 30 tahun lebih. Pencarian yang dibantu oleh team Tiga_60 Metrotv tidak mudah karena banyak informasi yang tidak valid. Nama ibu yang tercantum pada akta yang dia pegang pun bukan nama ibu kandungnya. Meskipun pencarian sulit karena harus bolak Semarang – Jakarta – Semarang, tapi akhirnya dia mendapat titik terang di mana orang tua biologisnya berada.

Setelah sempat berbicara melalui telpon dengan bahasa Indonesia yang sangat minim, akhirnya Yulianti kembali ke Semarang dan bertemu dengan keluarga kandungnya. Sayang, ayahnya telah meninggal. Yulianti adalah anak ke 7 dari 8 bersaudara. Setelah pembicaraan telpon itu, kedatangannya ditunggu oleh ibu, kakak-kakak dan adiknya di Semarang.

Saat bertemu mereka saling berpelukan dan sambil menangis karena suka cita. Anak yang hilang telah muncul kembali. Ternyata beberapa tahun terakhir sang ibu pun berniat mencari anaknya yang ke 7 itu. Darah itu ternyata kental. Mereka saling mencari.

Yang menarik adalah tidak pernah ada amarah dalam diri Yulianti mengapa dia “dibuang”. Mungkin karena orang tua yang mengadopsinya sangat sayang padanya. Dia cuman mau tahu siapa orang tua kandungnya, dan dia mendapatkan apa yang dia cari plus saudara kandung lainnya. Setelah melihat kondisi ekonomi orang tua kandungnya, Yulianti menyadari, sekiranya dia tetap diasuh oleh orang tua kandungnya, maka hampir dapat dipastikan bahwa dia pun sama seperti saudara-saudara lainnya yang tidak ada yang pernah duduk di perguruan tinggi.

Aurelia aka Yulianti menyadari bahwa keputusan orang tua kandungnya 30 thn lalu untuk menyerahkannya pada orang lain adalah keputusan yang baik dan dia merasa beruntung karena mendapatkan keluarga yang menyayangi dan mendidiknya dengan baik. Di akhir kisah, Yulianti kembali ke Perancis dengan hati yang penuh dan tentu dengan perspektif dan semangat yang baru.

Dari cerita ini aku merenung, bahwa tidak selalu salah menyerahkan anak pada orang lain bila memang kondisi orang tua kandung sangat sulit. Anak itu titipan Tuhan, bukan hak milik. Anak berhak mendapatkan hal terbaik, terutama kasih sayang, pendidikan dan nutrisi. Bila orang tua kandung tidak dapat memberikannya, dan ada keluarga baik yang bersedia memberikannya, mungkin itu keputusan yang baik.

Dan tidak ada salahnya mengasuh anak-anak dari keluarga yang kurang beruntung, asal niat dan tujuannya iklas demi kebaikan si anak. Diberkatilah orang-orang yang mengadopsi anak dan memberikan kasih sayang dan makanan/nutrisi yang cukup dan juga pendidikan yang baik. Itu adalah salah satu cara mencerdaskan anak-anak yang kurang beruntung dan memberikan masa depan yang baik bagi anak tersebut. Dan rantai kebaikan itu tidak akan pernah putus karena anak yang merasa beruntung suatu saat bila dia sudah mapan, akan mengulurkan tangan kepada anak-anak kurang beruntung lainnya.

 

Jakarta, 6 December 2014

Mery DT

 

About Mery DT

So much things swaying in my mind, but sometimes I just can’t expel it. I am a super random person. I write novel, short story and screenplay for movie. Thanks have read my pieces.
Gallery | This entry was posted in Celoteh and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Pencarian Orang Tua Biologis

  1. agytta says:

    Berbagi itu Indah

    Like

  2. nikirestusinggih says:

    Nama saya Niki Restu Singgih,aku ingin mencerita kan tentang diri aku sebenernya,aku terlahir dari orang tua yang hamil di luar nikah, aku pun tidak tau siapa orang tua aku,waktu aku kecil aku di rawat oleh seorang yang sangat sayang sama aku dan aku pikir dia orang tua aku yang sangat sayang sama aku tapi tidak tau kenapa ada seorang wanita yang sangat benci sama diri aku yang tidak tau aku salah apa sama dia sampai dia benci sama aku,aku selalu di sakitin oleh dia selalu di buat nangis oleh dia,tapi aku sangat bersyukur ada seorang nenek yang sayang menyayangi aku dengan tulus dan seiringnya waktu aku bertumbuh besar dan aku yakin bahwa yang ngurusin aku itu ke dua orang tua aku ,di umur aku bertambah aku bertengkar lagi dengan wanita itu yang aku kira dia ibu aku,dia selalu memarahi aku dan mengusir aku dia berbicara kepada aku,aku anak haram aku bukan anak dia,aku selalu menangis kalo emang dia bukan orang tua aku dimana orang tua aku,tapi nenek selalu membela aku,aku harus kuat dan jangan takut,tapi yang aku anggap dia bapak aku dia sangat sayang sama aku,apa saja yang aku mau pasti dia turutin aku sangat beruntung sekali,berbeda dengan wanita yang aku kira dia ibu aku dia sangat jahat,dan usia aku bertambah lebih dewasa aku teringat katakata ibu angkat aku yang selalu memarahi aku,akhirnya aku mencari mana orang tua aku dimana dia tuhan tolong pertemukan aku dengan dia aku sangat sayang dan rindu sama dia jaga lah dia sebagai mana orang yang sayang sama aku menjaga aku,lalu nenek aku semakin hari semakin tua dia sudah mulai sakit sakitan aku selalu menangin aku ga mau kehilangan nenek aku sayang sama nenek kalo nenek tiada lagi aku juga mau ikut nenek ,nenek aku selalu mengitakan aku,kalo nenek udah ga ada umur jaga diri kamu jadi anak yang baik,aku selalu menangis kalo inget kata kata itu sampe sekarang,lalu aku sudah dewasa aku sudah mengerti mana yang baik dan mana yang tidak setelah nenek aku tidak ada,hidup aku acak acakan tidak ada yang memperhatikan aku yang menyayangi aku,aku butuh kasih sayang ibu,aku mau berjumpa sama nenek,lalu aku bertengkar sama bapak yang aku kira dia bapak aku,semua orang kampung aku bilang aku ini anak emas setelah orang tua angkat aku mengurus aku dia ketemu jalan rejekinya sampe dia sukse lalu aku pergi ke lampung,aku mencari orang tua aku,aku cerita ke sodara sodara aku katanya orang tua aku di lampung lalu aku pergi,aku bertemu sama seorang wanita dia mengaku sebagai ibu aku,lalu aku peluk dia dengan rasa rindu dan kasih sayang yang sudah pertahun tahun tidak ketemu,tapi dia ngatakan bahwa dia juga bukan ibu aku tapi dia tau semua tentang aku,lalu dia menceritakan tentang diri aku,aku terlahir dari orang tua yang hamil di luar nikah lalu ibu aku di tinggal oleh bapak aku,lalu ibu aku bertemu sama yang mau mengurus aku yang selama ini aku anggap dia orang tua aku,dia meminta aku buat di urus oleh dia lalu ibu aku mengasikan aku ke pada mereka,aku terlahir di lampung 01 january 1995 lalu di bawa ke banten aku besar di banten,sudah 20tahun aku tidak berjumpa dengan oranh tua aku,lalu aku berkata kepada ibu angkat aku dan bapak angkat aku dimana orang tua aku sebenernya dia menjawab tidak tau,tapi aku selalu mencari aku selalu mendoakan ke dua orang tua aku semoga dia baik baik di luar sana mudahmudahan seiringnya waktu bisa berkumpul aku sangat sayang sama dia,aku disini menunggu kalian ibu bapak,jaga diri kalian mudahmudahan tuhan bisa satukan kita,sekarang aku butuh kalian ibu bapak,setelah usahanya kolep aku yang selalu di salahin,aku udah di usir dari rumah orang tua angkat aku,aku butuh kedua orang tua aku ya tuhan aku ingin bertemu,ya tuhan katakan kepadanya,aku udah besar aku udah nikah sebentar lagi mempunyai anak
    Sekian ini cerita aku
    Nama saya Niki Restu Singgih mudahmudahan cerita ini bisa di dengan oleh ke dua orang tua aku dan dia mencari aku,buat ibu bapak aku,aku punya pesan aku sangat sayang pada kalian,aku yakin tuhan rencanakan semua kedepannya akan lebih baik,kalo kalian dengar aku ini nomer aku 085946666159 mudahmudahan tuhan bisa mempertemukan kita aku tinggu kalian
    I LOVE YOU,,,,,,,,,

    Like

  3. Budy Patnanto says:

    Bersyukur Bila Udah Ketemu,aku Malah 42 Tahun Blom Jga Ketemu Dgn Ibu Kandungku.

    Like

  4. puti sonia says:

    Aku juga lg nyari ortu kandung aku, aku lahir di RS Hasan Sadikin Bandung 20 juni 1984. Dilahirkan dari seorg ibu yg brnama icih dan bapak atang, baru berumur 3 hari oleh mereka aku diserahkan kpd perawat rmh sakit utk dirawat oleh adiknya perawat tsb yg blm memiliki anak dan divonis tdk bisa punya anak. Alasan mereka menyerahkan aku krn faktor biaya hidup, mereka dr keluarga miskin begitu yg ibuku blg. Selama 32 thn aku baru tau ttg ini ketika aku akan menikah stahun yg lalu, ingin mencari tp katanya skrg udah ga tgl di bandung lg, entah mau mulau dari mana krn spertinya mereka bukan asli oeg bandung. Awalnya saya membiarkan pasrah saja, tp belakangan ini keinginan saya utk mencari mulai lbh kuat. Semoga ada jalannya Ya Allah, aamiijn ya rabbal ‘alamiin.

    Ket :
    Nama saya puti sonia damayanti
    tgl di bdg, nama fb sama dgn diatas.
    No hp. 087825700060

    Like

  5. Rezci handayani says:

    Maap aq ingin mencari ibu kandung ku jg..aq ditemukan di RS Yos Sudarso Padang tanggal 21 Maret 1988..ceritanya aq ditinggal di UGD oleh nenek2 saat itu tdk ada yg tau dan melihat nenek2 itu,yg mereka tau cuma aq seorang nenek yg tinggalin aq di UGD.aq skrg berusia 29th,sjk saat itu aq di adopsi oleh seorang karyawan RS Yos Sudarso krna mereka kebetulan blm memiliki anak,skrg ortu angkat aq udh meninggal dan aq baru tau cerita ini setelah ibu angkat ku meninggal th 2006.gak ada seorang pun yg tau sapa ortu kandung ku termasuk sodara ato keluarga dr ortu angkat ku,prnh ada yg cerita klo ortu kandung ku ini dlu nya mahasiswi di padang mgkn krn hamil d luar nikah jd aq gak diharapkan..aq ingin mencari dan bertemu tp gak tau mau cari kmn krna nama saja aq gak tau,mgkn bagi yg baca ini dan tau tlg bantu aq yaa no hp aq 08126753935..terima kasih

    Like

Leave a Reply

