Seminggu Bertualang Seru Bersama Air Asia

Air Asia

Suatu sore di kantor, pada bulan Februari 2007, seorang teman mengabarkan bahwa ada promo tiket AIR ASIA ke Kuala Lumpur.  Ketika itu Air Asia adalah air lines yang baru dan aku belum pernah menaikinya sama sekali.  Hanya Rp. 530.000,- pulang pergi.  Kabar baik ini langsung menyebar antar teman dan seketika itu juga sebanyak 10 orang (5 lelaki dan 5 perempuan) menyatakan ikut.  Proses pemesanan tiket pun segera dilakukan.  Sore itu juga kami bersepakat melancong ke negeri jiran itu selama 3 hari 2 malam.  Tanggal keberangkatan adalah 16 Agustus 2007.

Seiring berjalannya waktu, satu bulan sebelum keberangkatan, satu persatu peserta mundur dengan alasan yang beragam.  Ada yang karena sedang membangun rumah, ada yang mau pindah rumah, ada yang sibuk dengan gadget baru, ada yang sibuk naik gunung, ada yang ujian kuliah,  dll,  hingga akhirnya tertinggal empat orang perempuan perkasa, yaitu Olli, Angel (Bancha), Kitin dan aku.

Rasanya kok nanggung banget kalo hanya ke Kuala Lumpur, kurang seru dan kurang menantang.  Maka setelah berembuk berempat, maka diputuskan untuk memperpanjang perjalanan.  Banyak yang ingin dikunjungi seperti Thailand, vietnam, Kamboja dan lain-lain.  Tapi akhirnya iternerary yg disepakati adalah sebagai berikut: Kuala Lumpur 1 malam,  Phuket 4 malam, Bangkok 1 malam, dan terakhir spore 1 malam.

Kembali kami melakukan pemesanan tiket pesawat secara online dan semuanya menggunakan Air Asia.  Terima kasih pada Air Asia yang memberikan tiket murah sehingga memungkinkan bagi kami mengunjungi beberapa tempat dengan harga terjangkau.  Dan disepakati pula bahwa perjalanan ini ala back packer, urusan tidur tidak perlu di hotel bagus, cukup hostel saja.  Begitulah rencananya.

Tanggal 16 August 2007 jam 10.00 malam, hari Kamis, kami – empat sekawan – memulai perjalanan.  Itu adalah pertama kali aku menaiki Air Asia.  Dan pesawatnya lumayan bagus.  Walau pun tidak ada pemberian makanan oleh air line, tapi penerbangannya mulus dan menyenangkan.  Seorang teman menjemput kami di air port dan kami menginap di rumahnya.

!7 Agustu 2007 adalah hari yang tak terlupakan, karena saat berjalan-jalan di Petronas kami tersadar bahwa hari itu adalah hari Kemerdekaan Indonesia sehingga kami menyanyikan beberapa lagu kebangsaan tanpa malu-malu di halaman belakang mall.  Sayang sekali kami tidak dapat naik ke Petronas karena kami mendapat tiket naik jam 3 sore, sedangkan kami sudah harus berangkat pada jam yang sama ke Phuket.  Akhirnya kami merubah rencana dan mengunjungi beberapa tempat wisata di Kuala Lumpur, salah duanya adalah Mesjid Agung dan Sepang.

Jam 3 sore kami kembali menaiki Air Asia menuju Phuket, dan kurang lebih 1 jam kami sampai di pulau eksotis itu.  Karena belum pesan penginapan sama sekali, maka kami mencari informasi hostel di bandara.  Tapi ternyata yang didapet hotel. Tidak jadi berback packer ria J.   Dua malam di Andaman resort dan dua malam di Bell Aire hotel di daerah Patong.  Aku bilang sih Patong itu seperti Kuta-nya Bali, dan Phuket itu Bali-nya Thailand.

Selama di Phuket kami mengikuti beberapa tour seperti ke Phi-Phi Island, berenang di Maya Bay, mengunjungi Mongkey Cave Tample, City Tour dengan menggunakan taxi yang membawa kami ke beberapa pantai indah di Phuket dan ke tample-tample yang menakjubkan, trip ke James Bond Island, singgah di kampung nelayan yang bernama Koh Pennyi.  Kampung nelayan ini sangat berkesan bagiku karena pada saat jalan-jalan di pasar rakyatnya, ada penjual yang menawarkan batik pada kami, setelah kami lihat ternyata batik asal Pekalongan.  Kami berempat tertawa terbahak-bahak ketika itu.

Patong itu memiliki pantai yang indah.  Menghabiskan watu di pantai sambil makan durian dan jagung bakar pun rasanya sangat nikmat.  Menghabiskan malam nyusuri Bang La Road sambil menikmati pertunjukan jalanan ala Phuket.  Menikmati olahan makanan lautnya yang luar biasa.

Dan tanggal 21 Agustus kami harus meninggalkan semua keindahan dan eksotis pulau itu.  Perjalanan dilanjutkan ke Bangkok menggunakan Air Asia.  Pada dasarnya bagiku Bangkok kurang lebih Jakarta, macet.  Kami sempat mengunjungi Grand Palace dan belanja oleh-oleh di Swan Lum Night Bazaar.

Besoknya kami melanjutkan perjalanan tetap dengan menggunakan Air Asia menuju Singapura.  Bersenang-senang semalam di sana, kemudian besoknya kami mencoba perjalanan lewat ferry dari Singapura menuju Batam.  Bersantai sebentar di Batam, kemudian kami melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta dengan tiket penerbangan Air Asia terakhir kami pada tanggal 23 Agustus 2007.

Jadi selama pertualangan itu, kami 5x menggunakan pesawat terbang dan semuanya dengan Air Asia.  Itu sangat berkesan dan perjalanan itu tetap membekas dihatiku walau sudah 7 tahun berlalu.  Kalau bukan karena tiket promo Air Asia itu, tentu kami tidak akan melakukan perjalanan yang penuh kenangan itu dan aku belum tentu melalukan perjalanan itu hingga kini.  Terima kasih Air Asia yang telah membawaku mengalami perjalanan menyenangkan itu bersama para sahabat.  Bagaimana Air Asia tidak mengubah hidupku karena gara-gara tiket promo itu aku membuat passport untuk pertama kalinya.  Dan sejak itu aku sudah beberapa kali ke luar negeri terutama Singapura.  Perjalan dengan Air Asia itu telah mengubah pola pikirku bahwa melakukan perjalanan ke luar negeri itu tidak selalu mahal asal mengetahui cara mencari tiket pesawat yang sedang promo.  Semoga suatu hari nanti aku bisa kembali mengunjungi Phuket atau tempat indah lainnya seperti Nepal atau pun tempat lainnya.

Jakarta, 9 Juli 2014

Mery DT.

Note:

Versi panjang tulisan ini pernah diposting di blog saya yang lama yang sudah tutup. www.nutsme.multiply.com   Tulisan ini saya posting lagi untuk mengikuti Kompetisi Blog 10 Tahun AirAsia Indonesia.  Semoga dapat hadiah. Amin 🙂

About Mery DT

So much things swaying in my mind, but sometimes I just can’t expel it. I am a super random person. I write novel, short story and screenplay for movie. Thanks have read my pieces.
Gallery | This entry was posted in Celoteh and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.